IaaS, PaaS, dan SaaS dalam Cloud Computing

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas mengenai apa itu Cloud Computing dan apa pula karakteristik utamanya. Pada postingan ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Cloud Computing yaitu mengenai macam-macam Cloud Computing.

Cloud Computing dapat dibedakan dengan 2 macam cara, yaitu melalui model layanannya, dan melalui model deploymentnya.

Dilihat dari model layanannya, ada 3 macam Cloud Computing:

  1. IaaS (Infrastructure as a Service)
    Pada model IaaS, provider menyediakan layanan infrastruktur kepada user. Apa yang user ingin lakukan dengan infrastruktur tersebut, terserah kepada user. User dapat memasang OS apa saja dan Software apa saja pada infrastruktur tersebut. User juga dapat meminta infrastruktur yang lebih powerful jika user memerlukannya.
    Sederhananya, bayangkan bahwa provider memberi anda sebuah PC, dan anda terserah mau meng-install apa saja di PC tersebut sesuai keperluan anda.
    Contoh: Amazon EC2, OpenNebula, dll.
  2. PaaS (Platform as a Service)
    Pada model PaaS, provider menyediakan sebuah infrastruktur yang sudah berada pada suatu platform tertentu. Anda tidak bisa mengubah platform yang digunakan infrastruktur tersebut. Tetapi anda dapat meng-install aplikasi apa saja yang didukung platform tersebut.
    Contoh: Hadoop, Google App Engine, dll.
  3. SaaS (Software as a Service)
    Pada model SaaS, provider menyediakan sebuah software yang tinggal digunakan oleh user. Model ini adalah model yang paling mudah digunakan oleh user yang hanya ingin memanfaatkan fungsi khusus tertentu.
    Contoh: Google Docs, Office 365, dll.

Coba bayangkan ilustrasi ini:
Anda baru tiba di sebuah di kota, dan anda ingin mencari tempat tinggal. Anda punya 3 pilihan, membangun rumah baru, membeli rumah kosong, atau tinggal di hotel.

  • Jika anda memilih tinggal di hotel, berarti anda tidak dapat mengatur ukuran kamar, apa perabotannya, dll. Anda hanya langsung memakainya saja. Ini adalah konsep SaaS. Anda hanya memakai software yang diberikan saja.
  • Jika anda memilih untuk membeli rumah kosong, anda tidak dapat mengatur ukuran kamar, ukuran rumahnya, tetapi anda dapat memilih apa saja perabotannnya. Ini adalah konsep PaaS. Platformnya tidak bisa diubah, tetapi anda bisa memilih aplikasi yang diinginkan.
  • Jika anda memilih untuk membangun rumah baru, anda dapat mengatur ukuran rumah anda, berapa lantai rumah anda, semuanya dapat anda atur! Ini adalah konsep IaaS. Anda dapat memilih platform apa yang anda inginkan, dan anda juga dapat memilih aplikasi yang anda inginkan.

Anda dapat melihat bagan di bawah untuk melihat perbandingan tentang apa saja yang anda kontrol ketika menggunakan suatu model layanan:

2

Sekian untuk perbedaan antara macam-macam model layanan dalam cloud computing. Semoga postingan ini membantu 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s