Kesimpulan Course MVA

Buat teman-teman yang juga mengikutii course MVA “Keamanan di Dunia Berbasis Cloud”, dalam postingan ini adalah kesimpulan yang saya ambil dari course tersebut. Jika ada yang kurang mohon masukannya ya, hehe.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika menggunakan solusi cloud Azure, yaitu:

  1. Tingkatkan keamanan di semua layer
  2. Lakukan pertahanan utama pada data, identitas, dan aplikasi

Nah, tentu menggunakan Azure ada keuntungannya. Hal yang didapatkan ketika menggunakan solusi cloud Azure:

  1. Mengoper tanggung jawab operasional dan keamanan pada Microsoft
  2. Memanfaatkan kemampuan cloud Microsoft untuk keamanan yang lebih tinggi (seperti Azure RMS, Azure Key Vault, dll)
  3. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan prosessing lebih dapat dialihkan ke IaaS yang dapat di-scaling sesuai kebutuhan.

Kesimpulan dari course MVA ini adalah:

  1. Cloud mengharuskan kita untuk berpikir dengan cara yang berbeda
  2. Teknologi, proses, dan orang-orang yang menggunakan adalah kunci suksesnya penggunaan dan keamanan cloud
  3. Lakukan prioritas secara realistis, bukan hanya teoritis
  4. Ujungnya, ini semua adalah soal data. Keamanan semua layer bertujuan untuk mengamankan data.

Sekian postingan saya yang berkaitan tentang course MVA ini. Semoga bermanfaat 🙂


Penting!

Semua isi postingan ini adalah hasil pemahaman dari saya pribadi dari mengikuti course “Keamanan di Dunia Berbasis Cloud” dari Microsoft Virtual Academy. Tidak ada jaminan bahwa apa yang saya pahami adalah benar sepenuhnya, tetapi secara garis besar, saya rasa postingan ini dapat membantu untuk kita memahami layanan Azure dari Microsoft dengan lebih lagi. Jika ada kesalahan, saya akan senang sekali jika anda memberitahu saya lewat kolom komentar, ataupun email saya. Terima kasih.

Leave a Reply

