Bangun Web dengan PHP dan MySQL di Azure

Sebelumnya kita telah belajar bersama cara membuat sebuah web-app di Azure. Selain web-app, Azure juga menyediakan layanan untuk database loh. Nah, untuk membuatnya, caranya mirip saja dengan membuat sebuah web-app baru.

mcpgqd1

Untuk tutorial ini, kita akan membuat sebuah web-forum sederhana berbasis PHP dan MySQL. Saya asumsikan teman-teman sudah punya pengetahuan dasar soal MySQL ya, biar tidak terlalu banyak penjelasan, hehe. Teman-teman bisa download sourcenya di sini. Sourcenya itu adalah salah satu tugas kuliah saya di semester 1, jadi codingnya masih sangat berantakan, harap maklum, hehe.

Nah, pada properties MySQL Database milik kita tadi, akan ada informasi nama database, hostname, username, dan password.

brigyen

Gunakan informasi ini untuk dapat terhubung ke Database Server tersebut. Saya menggunakan MySQL Front.

n29jo86

Import file forum_db.sql (yang tadi di-download) ke database milik kita.

airiy2c

Nah, kalau sudah, tabel-tabelnya bakal sudah ada di Database milik kita.

tdnatfq

Terakhir, sebelum kita meng-upload semua file web kita (file-file PHP) ke web-app kita, kita perlu mengubah informasi database server kita. Pada source tadi, ada file “connect.php”, di sini kita mengatur di mana letak database server kita. Isilah sesuai informasi database server kita masing-masing.

ngfcxx5

Nah, sekarang kita tinggal meng-upload file-file web kita ke web-app kita. Kalau saya sih menggunakan FTP yang dijelaskan di sini. Tapi, terserah mau pakai cara apa.

Terakhir, karena halaman default dari web ini adalah “home.php”, kita perlu menambahkan “home.php” sebagai default document pada setting web-app milik kita.

eigkzrr

Hasil:

plwqtxy

Selamat, web kita yang berjalan dengan bantuan database MySQL telah berjalan di Azure! Mudah bukan? Teman-teman bisa coba buka hasilnya di http://cobabuat4.azurewebsites.net/

Selamat berkreasi 🙂

 

2 comments

    • CodeIgniter ada lokasi sendiri untuk menyimpan konfigurasi databasenya yaitu: /application/config/database.php
      Jadi bisa langsung diatur di sana.

      Like

Leave a comment